Selasa, 31 Oktober 2017

Goa jatijajar, Tempat Wisata Paling Terkenal di Kebumen

salah satu tempat wisata populer di kabupaten kebumen merupakan goa jatijajar. Tempat wisata pilihan yang 1  ini adalah objek wisata alam yang sudah mendapat sentuhan modern, tempatnya tidak lagi tidak terang karena telah ada penerangan lampu pln dan jalan di dalamnya juga tidak licin sebab telah berupa beton tapi keaslian dan keindahan di dalamnya tak berubah.
Stalagtit dan stalagmitnya masih alami dan bentuk dasar gua juga tak berubah. Dinginnya berada di dalam tanah bisa dirasakan oleh pengunjung masih. Goa jatijajar berada di kampung jatijajar kecamatan papa yang dikenal sebagai kecamatan paling barat dari kabupaten kebumen.

Goa jatijajar pertama kali ditemukan pada tahun 1802 oleh seorang petani bernama jayamenawi, yang pada kala itu tanpa sengaja terjatuh ke dalam gua waktu sedang mencari rumput di atas goa. Temuan itu lalu dilaporkan ke penguasa pada waktu itu yang kemudian di eksplorasi lebih lanjut. Sebab di mulut goa ada 2  buah pohon jati yang tumbuh berjajar sehingga disebutlah goa jatijajar, penamaan goa jatijajar sendiri konon
Goa jatijajat memiliki keunikan sendiri dibanding dengan goa linnya yakni adanya sungai yang mengalir di dalam goa. Tepatnya ada empat sungai atau yang biasa disebut sendang oleh warga sekitar, empat  sendang itu dikenal sebagai:
Sendang Kantil
Sendang Mawar
Sendang Jombor
Sendang Puser Bumi
Dari keempat sendang tersebut cuma dua  yang bisa dikunjungi oleh wisatawan yakni sendang mawar dan sendang kantil. Sebab letaknya yang amudah untuk dijangkau, sedangkan sendang jombor dan sendang puser bumi aksesnya ditutup untuk umum Kalau pengunjung ingin melihat dua  sendang tersebut mungkin saja tapi wajib ditemani oleh juru kunci goa jatijajar yang akan membimbing untuk sampai kelokasi.
Untuk menuju ke objek wisata goa jatijajar aksesnya gampang sekali, bagi yang menggunakan kendaraan sendiri bisa langsung saja dari jalan raya purwokerto – kebumen belok keselatan di pos polisi sektor ijo menempuh jarak sekitar 15 km dan sampailah ke lokasi. Sedangkan bagi yang menggunakan moda angkutan umum bisa naik angkutan jurusan jatijajar dari kota gombong, sungguh cukup naik dan sampailah anda ke lokasi objek wisata goa jatijajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar